makanan untuk penderita diabetes

Jenis Makanan untuk Penderita Diabetes – Pola makan dan asupan gizi harus sangat diperhatikan. Pernyataan ini berlaku  bagi siapa saja yang ingin selalu menjaga kesehatan. Terutama bagi penderita diabetes atau kencing manis, pola makan harus diatur sebaik mungkin, baik dari jumlah, jenis makanan dan jadwal makan. Kekurangana horomon insulin atau terjadinya resistansi insulin pada penderita diabetes membuat penderitanya harus sangat berhati-hati dalam menjaganya, agar kadar glukosa dan dan gula dalam darah.

Baca Juga : Obat Herbal Penyakit diabetes

Kadar gula yang tinggi pada penderita diabetes dapat memicu timbulnya komplikasi makrovaskular sepreti penyakit jantung, dan gangguan pembuluh darah. Resiko ini dapat diturunkan apabila penderita penyakis diabetes dapat mengatur asun gula dan glukosa. Pola makan yang teratur tentunya sangat berpengaruh terhadap naik turunnya kadar gula dan glukosa pada penderita diabetes.

Jenis makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes adalah jenis makanan yang memiliki daftar indeks glikemik rendah, mengadung kalsium, potasium, serat, magnesium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Makanan tersebut juga tidak boleh mengandung banyak gula yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, mampu membakar lemak, mengurangi inflamasi, dan memiliki manfaat bagi kesehatan lainnya.

Baca juga : Tips Menghindari Penyakti Diabetes

Jensi Makanan untuk penderita diabetes

berikut ini beberapa jenis makanan untuk penderita diabetes yang aman:

  1. Coklat hitam

makanan untuk penderita diabetesCoklat kaya akan flavanoid yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi resistensi insulin, mempercepat pengolahan glukosa dalam darah, mengurangi nafsu makan sehingga dapa mengurangi makan berlebih. Coklat yang baik dikonsmsi oleh penderita diabetes merupakan coklat hitam dan tidak memiliki kandungan gula berlebih. Karena setiap jenis coklat memiliki kandungan zat berbeda yang disebabkan oleh campuran bahan-bahan lain.

Berdasarkan hasil penelitian di University Of Copenhagen pada tahun 2008 menunjukan bahwa responden yang mengkonsumsi coklat hitam memiliki keinginan lebih rendah untuk memakan makanan yang manis, asin serta makanan berlemak dibandingkan dengan responden yang mengkonsumsi coklat susu. Kandungan flavanoid pada coklat susu terbilang lebih rendah dan memiliki kandungan gula lebih tinggi dibandingkan dengan coklat hitam.

Kandungan flavanoid juga dapat menurunkan resiko terkena kanker, mengontrol tekanan dan gula darah, mengurangi resiko terkena serangan jantung hingga 2% selama 5 tahun.

2. Brokoli

brokoliBrokoli mengandung senyawa sulforaphane yang mampu memperbaiki dan melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardovaskular akibat diabetes. Sulforaphane juga memicu proses anti implamasi, meningkatkan mekanisme detosifiasi dalam tubuh, mengontrol kadar gula serta meningkatkan prduksi enzim yang dapat mengendalikan senyawa kimia berbahaya penyebab kanker. Selain itu, brokoli mengandung kromium yang dapat membantu meningkatkan sensitifitas insulin dalam tubuh.

3. Blueberry

makanan untuk penderita diabetesBlueberry mengandung serat tak larut dan serta larut. Serat tak larut berfungsi untuk menghilangkan dari dalam tubuh, sedangkan serat larut dapat mengedalikan kadar gula dalam darah. Dari hasil penelitian terhadap buah blueberry yang dilakukan oleh USDA, menunjukan bahwa mereka yang mengkonsumsi 2,5 gelas jus blueberry setiap hari selama 12 minggu dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, meningkatkan daya ingat dan mengurangi depresi.

Hal ini dikarenakan blueberry mengandung antosianin, senyawa kimia alami yang dapat mengecilkan sel lemak dan menstimulasi produksi adiponektin. Adiponektin yang meningkat dapat mengatur gadar gula darah tetap rendah dan menginkatkan senstitifitas tubuh terhadap insulin.

5. Steel cut oats (Oatmeal)

makanan untuk penderita diabetesAmerican Diabetes Association (ADA) merekomendasikan penderita diabetes untuk mengkonsumsi gandum utuh dan oatmeal yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat larut tinggi. Serta ini lebih lambat dicerna sehingga kadar gula darah dapat terkontrol

Oatmeal juga kaya akan magnesium yang membantu tubuh memanfaatkan glukosa dan mensterilisasi insulin lebih baik. Salah satu jenis oatmeal yang disarakan adalah steel cut oat, yaitu kernel oat yang dipotong-potong kecil. Oat jenis ini memiliki indeks glikemi pemrosesan paring rendah sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dimasak.

6. Ikan

Ikan kaya akan protein dan omega 3. Protein berfungsi untuk meregenerasi sel mati dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Sedangkan omega 3 dapat membatu meredakan peradangan. Bayak penelitian menunjukan bahwa mereka yang memiliki kadar omega 3 lebih tinggi akan mengalami inflasi lebih rendah. Inflasi dalam tingkat parah dapat memperburuk diabetes dan menyebabkan permasalah berat badan.

7. MInyak zaitum (olive oil)

Khasiat dari minya zaitun dapat mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe 2 hingga 50% dibandingkan dengan diet rendah lemak. Diet dengan minyak zaitun mampu mencegah resistansi insulin, penimbunan lemak perut, dan penurunan adiponektin. ADA menyarankan agar penderita diabetes sebagai sumber lemak. Minak zaitun juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kerusakan sel akibat radikal bebas dan mencegah penyakit jantung.

8. Bayam

Kenapa tokoh kartun popeye bisa kuat seperti baja ? Karena popeye makan bayam.

Anekdot di atas menggambarkan bahwa bayam memiliki khasiat yang sangat luar biasa. Hasil penelitian di Inggris menunjukan bahwa mereka yang mengkonsumsi bayam dan sayuran hijau lainnya mengalami penurunan resiko terkena diabetes sampai 14%. Bayam memiliki kandungan vitamin K, mineral magnesium, folat, fosfor, potasium, seng, senyawa lutein, zeaxanthin, dan berbagai flavonoid lainnya yang beguna untuk menguragni resiko terkena penyakit diabetes.

9. Ubi jalar

Mengkonsumsi ubi jalar dapat mengurangi HbA1c sebanay 0,3 hingga 0,57 % dan mempercepat memeprosesan gula dalam darah sebanya 10 sampai 15 poin. Ubi jalar mengandung antosianin yang bermanfaat untuk anti peradangan, anti viral, dan anti mikroba. Ubi jalar juga mengandung vitamin A dan serat. Ubi jalar juga memiliki indeks glukosa lebih rendah dibandingkan kentang.

10. Kunyit

Kunyit mengandung curcumin  yang berguna untuk mengatur metabolisme lemak dalam tubuh. Curcumin bekerja pada sel lemak, sel ginjal, sel pankreas, serta sel otot secara langsugn dengan dengan meredakan peradangan dan mencegah nekrosis tumor penyebab kanker dan interkulin 6. Zat curcumin juga mampu mengatasi resistansi insulin, kadar gula darah tinggi, kolestrol, serta gejala lain obesitas.

11. Buah-buah citrus

Buah-buahan citrus adalah jenis buah-buahan yang memiliki kadar asam tinggi seperti jeruk, lemon, grapefruit. Buah-buahan ini kaya akan vitamin C. Buah-buahan ini juga mengandung gula yang tidak meningkatkan gula darah secar signifikan. Citrus juga mengandung antioksidan antingerin yang dapat memantu mencegah obesitas, mengikatkan sensitifitas insulin dan mempertahankan berat badan.

12. Tomat

Hasil penelitian di Australia menyatakan bahwa mengkonsumsi buah tomat setiap hari dapat mengurangi resiko menggumpalan darah yang sering terjadi pada penderita diabetes. Pengumpulan darah ini dapat menyebabkan komplikasi dengan penyakit lain seperti struk, jantung dan sakit berbahaya lainnya. Tomat kaya akan vitamin C, vitamin E, zat besi, dan antioksidan lainnya. Tomat juga memiliki kandunga likopen dan lutien yang dapat melindungi ginjal dan pembuluh darah dari kerusakan akibat diabetes.

13. Susu dan yougurt rendah lemak.

Lemak merupakan zat makanan yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes selain gula. Tumpukan lemak dalam tubuh dapat menumpulkan kemampuan insulin dan mengurangi kepekaan tubuh terhadap insulin.

Itulah jenis makanan untuk penderita diabetes yang kami rekomendaikan. Apabila Anda salah satu orang yang menderita diabetes, cobalah atur pola makan anda dan konsumsi jenis-jenis makanan yang telah dipaparkan di atas.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi sepuar penyakit diabetes dan obatnya silahkan baca Artikeil ini

Obat Penyakti Diebates